Sunday, July 15, 2007

Practical Guide to the Butterflies of Bogor Botanic Garden

Practical Guide to The Butterflies of Bogor Botanic Garden
Penulis : Djunijanti Peggie & Mohammad Amir
Penerbit : Bidang Zoologi, Pusat Penelitian Biologi, LIPI dan Nagao Natural Environment Foundation

Buku ini saya beli, ketika berkunjung ke Museum Zoologi Bogor, tanggal 8 Juli 2007. Buku yang ditulis dalam dwibahasa, Inggris dan Indonesia memuat 96 jenis kupu-kupu yang terdapat di Kebun Raya Bogor. Dengan buku ini kita dapat menjawab pertanyaan “apa nama jenis kupu-kupu itu?” Dengan buku ini dapat pula dijadikan rujukan praktis untuk mengenal kupu-kupu di tempat lainnya. Buku tersebut mudah digunakan untuk identifikasi, karena setiap foto juga dilengkapi ciri pembeda jenis. Hanya saja sayang setiap gambar kupu-kupu yang berbeda jenis kelamin dijadikan satu gambar. Sehingga foto-foto menjadi tidak menarik lagi, sayap kiri menjelaskan jenis kelamin betina sisi lainnya jantan atau sebaliknya. Bagi kebanyakan orang yang ingin melihat keindahan kupu-kupu melalui gambar, terpaksa harus kecewa. Namun untuk sekedar mengidentisikasi jenis, buku ini cukup memberikan informasi yang sangat jelas dan sangat praktis untuk keperluan panduan mengenal kupu-kupu di alam.
Ada beberapa alasan orang untuk mempelajari kupu-kupu. Pertama adalah mengenal jenisnya, mengetahui nama dan keanekaragamannya. Kedua, untuk mengungkap peranannya di dalam. Dan ketiga, menikmati keindahannya.

Kupu-kupu termasuk ke dalam ordo Lepidoptera, yang artinya memiliki sayap bersisik. Kupu-kupu hanya 10 persen dari 170.000 jenis Lepidotera yang ada di dunia. Ada beberapa family kupu-kupu, yaitu : Hesperiidae, Papilionidae, Pieridae, Nymphalidae, Riodinidae, dan Lycaenidae.

No comments: