Monday, January 22, 2007

OpenOffice.org Writer 2.0

Himbauan Menristek untuk menggunakan software yang bersifat Open Source(Kompas 23 Januari 2007), dan gencarnya gaung Microsoft dalam melakukan sweeping terhadap penggunaan software illegal menjadi pendorong saya untuk segera beralih dari software berlisensi ke software gratisan.
Saya harus melakukan migrasi dari aplikasi MS Office yang selama ini digunakan ke software yang bersifat bebas dan open source (FOSS = Free and Open Source Software). Memang agak terlambat dalam melakukan migrasi ini, karena user di tempat saya bekerja selama ini sudah terbiasa menggunakan MS Office. Dan ada kecenderungan untuk enggan beralih. Hal ini bisa dimaklumi karena baru kali ini digunakan. Padahal OpenOffice.org Wiriter tidak jauh berbeda dengan MS Word yang biasa digunakan, bahkan menurut saya lebih bagus. Salah satunya adalah sudah adanya fasilitas untuk convert ke dalam format PDF. Padahal menurut Onno W. Purbo pada harian yang sama menjelaskan bahwa satu perangkat lunak berlisensi seperti Microsoft beserta aplikasi officenya bisa menghabiskan dana US$ 700,-
Dihadapkan pada persoalan tersebut, keengganan tersebut akhir nya bisa diatasi, salah satunya yaitu melalui kebijakan management yang mengharuskan penggunaan software tersebut. Sedangkan untuk kesulitan teknis pun sudah dapat teratasi yaitu dengan adanya buku OpenOffice.org Wiriter 2.0. Buku ini saya beli, untuk memudahkan user di kantor dalam menggunakan software tersebut, khususnya Writer 2.0. Menurut penulisnya bahwa OpenOffice.org adalah software yang paling dicari saat ini. Bisa dipahami, karena OpenOffice writer adalah kebutuhan dasar dalam pengolahan dokumen dalam penggunaan computer. Pembahasan dalam buku ini mencakup : Antar muka OpenOffice Writer, Pembuatan Dokumen, Format Halaman, Bekerja dengan Teks, Paragraf dan Style, Header dan Footer, Bekerja dengan Gambar, Bullet dan Numbering, Bekerja dengan Tabel, Indeks dan Daftar Isi, dan Mencetak Dokumen. Buku ini cukup bermanfaat di tengah-tengah hiruk pikuknya melakukan migrasi dari software berlisensi ke software yang bersifat open source.

Judul : OpenOffice.org Writer 2.0
Penulis : Yahya Kurniawan, ST
Penerbit : Elexmedia Komputindo, 2006
Tebal : 152 hlm, ukuran saku

No comments: