Sunday, January 21, 2007

Cepat dan Gampang Membangun Situs Portal Menggunakan Mambo

Berangkat dari keinginan bahwa tahun ini saya harus sudah menyelesaikan pembuatan website perusahaan. Sebetulnya website tersebut sudah saya buat, hanya saja masih sangat sederhana sekali, masih berbasis HTML. Saya ingin merubahnya yaitu berbasis CMS (Content Management System). Mambo adalah salah satu CMS yang kata orang banyak digunakan oleh administrator web dalam membangun sebuah website. Jadi penasaran, tidak ada salahnya saya membeli dan mencobanya. Salah satu buku yang saya beli adalah berjudul Cepat dan Gampang Membangun Situs Portal Menggunakan Mambo. Bukunya tidak terlalu tebal. Tetapi justru karena tipis itulah merangsang saya untuk membacanya. Dan ternyata memang menarik, penjelasan memang tidak terlalu mendalam, tetapi sebagai pengantar pengenalam Mambo untuk menjadi tertarik bolehlah.
Buku ini akan membantu kita dalam pengenalan dalam membangun dan mengelola sebuah situs portal, mulai dari menginstalasi software pendukung seperti PHPTriad yang di dalamnya terdapat paket Apache, PHP dan MySQL. Pembahasan setiap bab difokuskan pada langkah-langkah, yang dimulai dari cara menginstal web server, database, mambo, dan pengelolaan situs portal itu sendiri. Pembahasan disusun sangat sederhana dan mudah dimengerti.
CMS Mambo merupakan software yang bersifat open source. Keuntungan Mambo dibanding CMS yang lain adalah, untuk menambah atau meng-update berita, artikel dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan ringkas. Dokumen MS Word, Excell dan Adobe Acrobat PDF pun dapat di upload. Users dengan hak akses yang unik dapat diatur oleh admin sesuai dengan tingkatannya. Komponen lainnya dapat diperoleh dari pihak ketiga sehingga terlihat lebih lengkap dan dinamis.

Judul Buku : Cepat dan Gampang Membangun Situs Portal Menggunakan Mambo
Editor : Sigit Suyantoro, 2006,
Penerbit : Andi Offset dan Xoerang, Yogyakarta.
Tebal : 109 hlm, ukuran saku.

No comments: